Enam Tempat Wisata Sepanjang Jalan Poros Tonasa Satu Kabupaten Pangkajene Kepulauan (Pangkep)


Enam Tempat Wisata Sepanjang Jalan Poros Tonasa Satu Kabupaten Pangkajene Kepulauan (Pangkep)

Assalamualaikum Warahmatullahi Wabarakaatuuh
Pada kesempatan ini saya sedikit menginformasikan bahwa di Kabupaten Pangkep kecamatan bagian Balocci dan sekitarnya atau sering diistilahkan sepanjang jalan poros menuju Tonasa Satu, terdapat ada enam lokasi yang menarik dan keren dijadikan tempat berfoto atau liburan keluarga versi “penulis”. Tapi tidak menutup kemungkinan masih banyak lokasi belum saya temukan di daerah ini. Saat ini saya masih menemukan enam lokasi menarik dan berharap saya menemukan lokasi baru kedepannya heheh  “penuh harap”
Tonasa satu sering disebutkan masyarakat sekitar karena tempat pabrik semen Tonasa dahulu. Namun sekarang kini tidak lagi aktif memproduksi karena tempat yang aktif di semen tonasa II bisa melalui kota kabupaten Pangkep. Lokasi tonasa satu secara singkat ketika anda star dari kota Makassar kemudian melewati Kabupaten Maros sampai masuk kabupaten Pangkep. Setelah anda memasuki kabupaten Pangkep tidak jauh dari perbatasan atau tepatnya sebelum kota Pangkajene anda akan mendapatkan jalan poros masuk tonasa satu  berada di sebelah kanan dengan penanda  jalan pertigaan yang ditengahnya terdapat mesjid besar  warna hijau . Karena penulis belum sempat foto jadi bayangkan saja dulu. Berikut enam lokasi yang menarik khususnya sepanjang jalur Tonasa satu Kabupaten Pangkep.

1.    Leang Lonrong

Leang Lonrong merupakan objek wisata permandian alam yang terletak di Desa Panaikang, Kecamatan Minasatene, Kabupaten Pangkep, Provinsi Sulawesi Selatan. Akses utama menuju tempat ini tetap melalui jalan poros utama menuju Tonasa satu. Lokasi tersebut anda disuguhkan dengan kolam permandian yang begitu alami, jernih dikarenakan sumber airnya langsung dari dalam gunung. Jadi begitu anda masuk dari jalan poros menuju tonasa satu tempatpertama anda dapatkan wisata Leang Lonrong.




2.    Tonasa Park
Obsejek wisata Tonasa Park ini bisa dibilang masih baru, karena diresmikan pada tahun 2018. Namun keunikan wisata Tonasa Park ini didalamnya cukup menarik karena anda bisa menemukan sepeda ukuran raksasa, patung robot. Selain itu anda bisa berfoto dengan latar payung, balon, bunga dan dan lukisan 3 dimensi telah disediakan sehingga banyak variasi ketika anda mengambil foto. Lokasi Tonasa Park ini pas samping bekas pabrik Semen Tonasa pertama di kecamatan Balocci, lagi dan lagi masih dalam jalur poros tonasa satu.




3.    Lapangan Golf
Lokasi ketiga lapangan Golf Tonasa, ketika anda berada di lokasi Tonasa Park tak lengkap rasanya ketika tidak mengunjungi lapangan golf yang jarak antara Tonasa Park hanya kisaran 1 KM. Memang lokasi lapangan golf tidak nampak dari jalan poros seperti Tonasa Park, karena lokasinya berada di dalam kawasan pabrik tonasa. Namun ketika anda berada di Tonasa Park anda cukup bertanya kepada masayrakat tentang  lokasi lapangan golf karena jaraknya cukup dekat dari Tonasa Park.




4.    Danau Balocci
Setelah anda mengunjungi lokasi ketiga lapangan golf. Ayooo selanjutnya kita lanjutkan perjalanan masih dengan jalur yang sama yakni kita menuju ke Danau Balocci atau anak jaman sekarang menyebutnya danau Cinta Balocci. Kenapa namanya demikian, karena nampak dari atas memang bentuk danaunya menyerupai “Love”. Jarak antara lapangan golf menuju Danau Balocci kisaran 2 KM, lagi dan lagi tak lengkap rasanya anda tidak mengunjungi danau tersebut. Karena lokasinya memang sangat berdekatan.




5.    Taman Purbakala Sumpang Bitta
Setelah berkujung dari lokasi 1,2,3,4 yang saya sebutkan sebelumnya. Nah anda bisa melanjutkan lagi perjalanan anda menuju tempat  yang bersejarah yakni Taman Purbakala Sumpang Bitta. Tempat ini letaknya tidak jauh dari Danu Balocci karena masih dalam satu kecamatan. Kisaran kurang lebih 8 KM yaah semoga penulis tidak salah hehe, anda telah mendapatkan lokasi terbut. Anda cukup mengikuti jalan poros Tonasa satu masuk kedalam karena telah terpasang papan penjunjuk menuju lokasi ini. Lokasi Taman Purbaka Sumpang Bitta. Lokasi tersebut selain terdapat Tangga 1000, juga anda bisa menemukan kolam untuk mandi-madi walaupun ukurannya kecil trapi airnya dijamin segar karena langsung dari dalam gua. Selain itu lokasi ini bisa dijumpai rumput yang hijau serta taman bunga yang indah semabil berjalan di taman tersebut anda diapit sisi kananya/ kirinya dengan keindahan gungung yang tinggi.







6.    Hutan/ Taman Batu Karts Balocci Pangkep
Wisata berikutnya  kita  lanjutkan lagi perjalanan kita menuju Taman Batu Ksrts Balocci. Tempat ini berlokasi di Desa Balleangin, Kecamatan Balocci, Kabupaten Pangkep,  menuju lokasi ini anda melewati jalur yang sama meneruskan perjalanan kedalam  poros  tonasa kisaran 8-9 KM dari Taman Purbakala Sumpang Bitta. Tempat ini anda bisa memanjakan mata anda dengan berfoto diantara batu karts.




Demikian lokasi wisata yang bisa anda kunjungi serta akses menuju lokasi tersebut mudah didapatkan serta harga terjangkau dan yang paling utama panorama alamnya masih alami dan segar, semoga bermanfaat.

Makassar, 4 Februari 2019


Share this

Related Posts

Previous
Next Post »